Headlines News :
Home » » Potensi Pariwisata Pulau Weh, Nangroe Aceh Darussalam

Potensi Pariwisata Pulau Weh, Nangroe Aceh Darussalam



Tidaklah asing bagi kita saat mendengar sebuah kota bernama Sabang. Kita mengetahui nama kota ini dari lagu yang berjudul ”Dari Sabang Sampai Merauke” bahkan sering kita mendengar kota Sabang dari jingle iklan salah satu kandidat calon presiden yang sekarang menjadi presiden terpilih.
Kota kecil ini terdapat di ujung barat Indonesia tepatnya di Pulau Weh, NAD. Secara geografis terletak di antara 95° 13' 02" dan 95° 22' 36" BT, dan antara 05° 46' 28" dan 05° 54' 28" LU serta berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand dan India. Di pulau paling ujung ini terdapat potensi pariwisata yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan. Potensi pariwisata tersebut berasal dari sumber daya alam serta adanya peninggalan-peninggalan sejarah masa lalu. Untuk mengetahui potensi wisata di Pulau Weh berikut hasil liputan kami mengenai obyek-obyek wisata yang terdapat di pulau tersebut.

1. Tugu Nol Kilometer Republik Indonesia

Sebuah pengalaman yang sangat langka dan membanggakan saat berkunjung ke obyek wisata ini. Rasa bangga serta sikap nasionalisme timbul ketika berada di Nol kilometer karena betapa kagumnya terhadap negeri ini yang mempunyai wilayah cukup luas dari ujung barat sampai timur dan saya dapat berada di titik nolnya. Itulah kesan saya ketika sampai di lokasi tugu nol kilometer.


Tugu Nol kilometer sendiri berada di ujung barat dari Pulau Weh tepatnya di desa Iboih, Ujung Ba’u. Lokasi ini berada di tebing pada areal hutan yang masih terjaga keasliannya. Jaraknya sekitar 29 km dari kota Sabang dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan sewaan sekitar 1 jam. Untuk mencapainya tidaklah sulit karena kondisi jalan yang sangat baik. Sepanjang perjalanan menuju lokasi kita dapat menikmati panorama alam nan indah. Diantaranya kita dapat melihat pesona pantai dengan pasir putihnya yang menawan. Kita juga dapat menikmati segarnya angin dari pepohonan hutan yang masih alami. Selain itu, sepanjang perjalanan kita dapat melihat atraksi gerombolan kera yang berada di sisi kanan maupun kiri jalan.
Di lokasi sendiri kita tidak hanya melihat sebuah bangunan tugu dengan puncaknya terdapat lambang negara berupa burung garuda namun kita dapat menikmati segarnya angin yang berhembus dari Samudera Hindia. Kita juga dapat menghabiskan waktu untuk foto-foto serta duduk-duduk pada tempat yang disediakan. Saat matahari mulai beranjak menuju ke peraduannya merupakan pemandangan paling indah di tempat ini.


2. Pantai Teupin Layeu

Taman Laut Rubiah terletak sekitar 23,5 km sebelah barat kota Sabang, dapat dicapai melalui darat, atau sekitar 7 km dengan menggunakan perahu boat, dan terletak bersebelahan dengan desa Iboih. Pemerintah Indonesia telah menentukan daerah perairan ini, sekitar 2600 hektar sekitar pulau Rubiah sebagai daerah special nature reserve. Terletak di teluk Sabang, dimana air disini relatif tenang dan sangat jernih (25 m visibility) laut disini diisi oleh bermacam trumbu karang dan ikan bermacam warna. Dapat ditemukan gigantic clams, angel fish, school of parrot fish, lion fish, sea fans, dan banyak lagi.

Inilah pantai terindah di Pulau Weh dan sayang untuk dilewatkan saat kita berkunjung kesana. Pantai ini terletak di desa Iboih yaitu di jalan antar Sabang-Nol Kilometer atau sekitar 20 km dari pusat kota Sabang. Pantai berpasir putih ini menawarkan pemandangan nan eksotik. Dari tepi pantai kita dapat melihat Pulau Rubiah dengan hutannya yang masih alami. Sebagai sebuah catatan sejarah bahwa pulau ini pernah menjadi embarkasi bagi calon jemaah haji asal Indonesia pada waktu masih menggunakan kapal laut untuk menuju ke Arab Saudi. Dahulu pulau ini sekaligus juga menjadi tempat karantina bagi jemaah haji yang sakit sebelum mereka kembali ke daerah asalnya.Untuk menuju Pulau Rubiah kita dapat menyewa perahu motor yang telah tersedia.


Selain keindahan Pulau Rubiah, di obyek wisata ini kita dapat menikmati taman bawah laut nan indah. Keindahan taman bawah lautnya menyerupai taman laut di Bunaken. Untuk dapat menikmati keindahan taman bawah laut kita dapat menyewa alat selam yang banyak disewakan di tempat ini. Bagi anda yang tidak dapat berenang tersedia perahu yang akan mengantarkan anda berkeliling dengan melihat dari kaca yang mampu tembus ke bawah laut. Kondisi taman bawah laut disana masih cukup baik dan kita dapat menjumpai keanekaragaman biota laut serta terumbu karang nan cantik. Air lautnya yang bening membuat anda betah berenang. Memang keindahan pesona Pantai Teupin Layeu ini bagaikan kita sedang berada di surga.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | @albayu | @albayu
Copyright © 2013. Welcome to my blog - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template