Headlines News :
Home » » Panen Melon Bermotif Batik sebagai Bahan Baku Parfum Alami

Panen Melon Bermotif Batik sebagai Bahan Baku Parfum Alami



Menurut data International Cosmetics Club bahwa impor produk kosmetik mencapai Rp 4-10 miliar per bulan. Parfum merupakan salah satu produk kosmetik yang umum digunakan masyarakat dan pemakaiannya bersifat konsisten. Ketergantungan terhadap produk-produk impor menyebabkan mahalnya harga produk kosmetik. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk impor ini maka perlu upaya penelitian bersifat inovatif terhadap jenis tanaman yang berpotensi sebagai bahan dasar kosmetik. Laboratorium Genetika, Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada telah berhasil melakukan perakitan tanaman melon yang berpotensi untuk digunakan sebagai bahan baku parfum.
Tanaman melon yang dikenal dengan sebutan “Kultivar Gama Melon Parfum” kemudian diuji tanam di lahan milik Kebun Pendidikan Penelitian Pengembangan Pertanian (KP4) UGM dan berhasil dipanen dengan hasil yang sangat memuaskan pada Senin (3/9/2012). Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc selaku ketua peneliti mengatakan bahwa melon kultivar Gama Melon Parfum memiliki karakter yang unik yaitu memiliki ukuran kecil dengan berat 300-500 gram, memiliki rasa yang pahit, dan aroma yang sangat wangi. Salah satu keunggulan melon ini yaitu memiliki kulit buah bermotif batik yang nantinya dapat diangkat menjadi produk khas Yogyakarta.
Dijelaskan pula oleh Dr. Budi yang juga sebagai Kepala Laboratorium Genetika, Fakultas Biologi, UGM bahwa kultivar Gama Melon Parfum memang didesain sebagai kultivar unggulan untuk dijadikan sebagai bahan baku parfum yang ramah lingkungan. Hal ini seiring dengan trend masyarakat yang mulai beralih menggunakan produk-produk Go Green. Keunggulan lainnya dari Kultivar Gama Melon Parfum yaitu pada satu tanaman dapat dihasilkan buah sebanyak 8 buah sehingga petani akan mendapatkan hasil yang lebih menguntungkan.
Hal senada juga diungkapkan oleh Dr. Ir. Supriyadi yang juga anggota peneliti sekaligus Dosen Fakultas Teknologi Pertanian UGM bahwa Kultivar Gama Melon Parfum sangat cocok untuk bahan baku parfum karena aroma wangi yang muncul diduga berasal dari senyawa golongan terpenoid. Sedangkan rasa yang pahit termasuk senyawa dari golongan flavanoid yang diduga juga berpotensi untuk digunakan sebagai bahan baku pada bidang farmakologi. Untuk itu masih perlu dilakukan penelitian mengenai kandungan senyawa secara lebih lengkap.
Kultivar Gama Melon Parfum ini masih perlu diteliti mengenai gen pengkode senyawa aroma wangi. Dikatakan oleh Sigit Dwi Maryanto, S.Si yang juga anggota tim peneliti ini bahwa belum ada penelitian mengenai jenis gen yang mengkode aroma terutama pada melon. Penelitian ini akan bermanfaat untuk khasanah ilmu pengetahuan dan juga dapat digunakan untuk pengembangan pemuliaan tanaman di Indonesia secara molekuler. Adanya karakterisasi terhadap gen tersebut juga dapat berfungsi sebagai karakter spesifik yang membedakan kultivar Gama Melon Parfum dengan kultivar melon lainnya, “kata mahasiswa Program Studi Pascasarjana Fakultas Biologi UGM ini.
Penelitian mengenai kultivar Gama Melon Parfum pada tahun 2012 ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UGM melalui Hibah Inkubasi. Dari program ini diharapkan kedepannya ada sinergi kerjasama antara perguruan tinggi dengan mitra industri di Indonesia. Menurut Dr. Budi, Kultivar Gama Melon Parfum dapat dikembangkan produknya berupa benih dan produk parfum. Pengembangan benih unggul akan bermanfaat bagi petani holtikultura sehingga akan meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, kultivar Gama Melon Parfum sebagai salah satu produk hasil penelitian dapat dikembangkan menjadi produk parfum oleh pelaku industri kosmetik di Indonesia, sehingga nantinya dapat mengurangi ketergantungan impor bahan baku kosmetik serta tercipta produk yang bersifat Go Green.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | @albayu | @albayu
Copyright © 2013. Welcome to my blog - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template